Selamat Datang di Website Resmi Desa  Abuan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Abuan-Kintamani untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Abuan-Kintamani meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa.

Artikel

Nangun Sat Kerti Loka Bali

09 Oktober 2020 09:51:24  admin-abuan  1.402 Kali Dibaca  Berita Desa

 

Salah satu Program Pemerintah dalam rangka pelestarian dan pengembangan bahasa, aksara dan sastra Bali. Di Desa Abuan Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli memperingati Bulan Bahasa Bali ini dengan cara menbuatkan lomba Sekolah Dasar antar kelas di desa Abuan kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan minat dan budaya bangsa  agar bahasa bali dan sastra bali menjadi warisan leluhur yang harus di lestarikandan  juga menjadi implementasi visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru. “Bahasa, aksara, dan sastra menjadi inti dari kebudayaan Bali.

Lomba yang diadakan ataralain:

  • Nyurat Aksara Bali ( Menulis Dengan Aksara Bali)
  • Mesatua ( Bercerita )
  • Mekidung ( Menyanyikan Lagu dengan Ayat Suci Agama Hindu )

Acara ini disambut oleh Perbekel Desa Abuan/ yang di Wakili oleh Sekretaris Desa I Nyoman Eliana, S.Pd.H dan dihadiri oleh 77 orang .

Menurut I Kadek Juni Artayasa,S.Pd.B yang sebagai juri di acara ini menyatakan kegiatan ini sangat baik karena mampu menumbuh kembangkan bahasa khusunya bahasa bali menjadi warisan leluhur. Belau juga berharap semoga kegiatan ini tetap diadakan setiap tahunnya supaya Bahasa Bali di kenal luas seperti destinasi wisatanya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:182
    Kemarin:172
    Total Pengunjung:138.320
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.117.91.153
    Browser:Mozilla 5.0

HUBUNGI KAMI

Hubungi Kami

Hubungi Kami