Selamat Datang di Website Resmi Desa  Abuan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Abuan-Kintamani untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Abuan-Kintamani meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa.

Artikel

PELAKSANAAN BULAN BAHASA BALI 2024

04 Maret 2024 17:34:53  admin-abuan  77 Kali Dibaca  Berita Desa

Pemerintah Provinsi Bali memiliki visi misi salah satunya yaitu " NANGUN SAT KERTI LOKA BALI " Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru. Salah satu kebijakan Pemerintah Provinsi Bali untuk mewujudkan visi dan misi adalah Pelestarian Budaya Bali dengan cara menginstruksikan untuk memakai Busana Adat Bali setiap hari Kamis untuk semua Lembaga yang berada di Bali baik lembaga negara maupn lembaga swasta. Pemerintah Provinsi Bali juga membuat kebijakan bahwa pada bulan Pebruari di peringati sebagai Bulan Bahasa Bali.

Pemerintah Desa Abuan setiap tahun sudah melaksanakan Kegiatan Bulan Bahasa Bali yang merupakan Program  dari Provinsi Bali yang wajib masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa ( APBDesa ).

Pada Jumat 23 Pebruari 2023 bertempat di Balai Masyarakat Desa Abuan dilaksanakan Kegiatan Bulan Bahasa Bali yang memiliki Tema " JANA KERTHI -DHARMA SADHU NURAGA "  yang memliki makna Bulan Bahasa Bali menjadi Alat Pemuliaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan, dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama ( masyarakat ) Bali. Acara dipandu oleh Ni Wayan Lidia Ari Pratiwi dan I Kadek Juni Artayasa, S.Pd.B serta dihadiri oleh Bapak Camat Kintamani beserta Ibu, Majelis Desa Adat Kecamatan Kintamani, Perbekel Desa Abuan,Bhabinkamtibmas,Babinsa, Tokoh Masyarakat dan Perangkat Desa Abuan.

Acara dibuka oleh Tarian Puspanjali yang di tarikan oleh anak-anak SDN  Abuan, dilanjutan dengan Kata sambutan oleh Bapak Perbekel Desa Abuan dan Bapak dari Majelis Desa Adat Kecamatan Kintamani Sekaligus Mebuka secara resmi acara Bulan Bahasa Bali di Desa Abuan. Kegiatan yang dilaksankan pada kali ini adalah lomba-lomba yang meliputi :

             1. Lomba Nyurat Aksara Bali yang diikuti oleh Anak-anak SD N Abuan

             2. Lomba Mesatua yang diikuti oleh Anak-anak SD N Abuan

            3. Lomba Ngewacen Aksara Bali yang diikuti oleh Pemudi Desa Abuan

Untuk juri Lomba terdiri dari Tenaga Penyuluh Bahasa Bali. Peringatan Bulan Bahasa Bali tahun ini dimeriahkan oleh penampilan Wayang Kulit Inovatif KEMPLUNG ABUAN  yang Berjudul " GATOTKACA ANGGUGAH " dan Tari Kreasi dari anak-anak SD N Abuan serta ibu-ibu PKK Desa Abuan.

Peringatan Bulan Bahasa Bali di Desa Abuan di tutup dengan Penyerahan Hadiah Kepada Peserta yang meraih juara di setiap lomba yang dilaksanakan. Untuk yang belum bisa meraih juara diharapkan tidak kapok untuk mengikuti Lomba dalam Peringatan Bulan Bahasa bali karena kegiatan ini akan rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Abuan dengan Lomba yang semakin beragam untuk tahun-tahun berikutnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:46
    Kemarin:116
    Total Pengunjung:142.959
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.210.83.132
    Browser:Tidak ditemukan

HUBUNGI KAMI

Hubungi Kami

Hubungi Kami